16.750 Kelambu Dibagikan

16.750 Kelambu Dibagikan

\"kelambu\"

SUKARAJA, BE - Sebanyak 16.750 buah kelambu dibagikan secara gratis kepada masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Seluma. Kelambu tersebut dibagikan saat kunjungan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Muluk pada peringatan hari Malaria sedunia di lapangan Desa Bukit Peninjauan II (BP II), Kecamatan Sukaraja hari ini (25/4). Pembagian kelambu itu untuk mengatasi penularan penyakit Malaria di Kabupaten Seluma. Terutama untuk daerah yang endemik malaria seperti di Kecamatan Sukaraja.

“Kami akan membagikan kelambu secara serentak untuk daerah yang malaria dan DBD nya tinggi, agar masyarakat bisa terhindar dan terlindungi dari gigitan nyamuk,” tegas Kepala Dinas Kesehatan Chaidir Muchtar SSos didampingi Kabid KP2P Ahmad Tavip pada BE kemarin (24/4).

Selain wilayah Sukaja, 10 puskesmas lainnya juga akan mendapatkan bagiankelambu. Kemudian puskesmas yang akan memberikan dan membagikannya kepada masyarakat.

Dinkes berharap jangan sampai ada korban jiwa akibat serangan Malaria dan DBD. Dinas Kesehatan mengimbau kepada masyarakat untuk membersihkan tempat sekitar mereka. Kemudian membakar sampah, serta membersihkan tempat penampungan air. Agar nyamuk malaria dan nyamuk penyebab DBD tidak berkembang biak.

“Pemakaian kelambu ini dapat mencegah dari DBD dan Malaria, sehingga seluruh warga dapat menggunakan kelambu. Terkhusus ibu hamil,” sampainya.

Serangkaian kegiatan pada peringatan Hari Malaria Sedunia sudah dipersiapkan oleh Pemkab Seluma bersama Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu untuk menyambut Menteri Kesehatan. Karena dalam kegiatan ini juga akan ada dilakukan dialog lewat video conference dengan empat kepala daerah provinsi endemik malaria. Selain itu juga akan dilakukan deklarasi oleh pemerintah kabupaten dan kota, yakni komitmen mengeliminasi Malaria yang kasusnya masih tinggi di Bengkulu. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: